TERNAK ITIK INTENSIF

Kelompok Belajar | Share Beternak Itik

Budidaya Itik Peking

Sekilas Tentang Itik Peking

Itik peking atau bebek peking merupakan salah satu jenis itik pedaging yang paling banyak di budidayakan di dunia terutama di daerah asalnya China. Bebek panggang peking ini sangat populer sebagai hidangan berkelas sejak zaman Dinasti Ming. Hingga sekarang, produksinya menempati urutan teratas di antara jenis itik penghasil daging lainnya. Penyumbang terbesarnya tak lain adalah dari negri China yang memasok sekitar 73% kebutuhan daging itik di dunia.

Itik peking masuk ke Inggris pada tahun 1872. Di Inggris, itik peking mampu menggeser kedudukan itik Aylesbury dan itik Rouen yang lebih dulu populer. Itik dengan warna bulu yang khas (berwarana putih), juga dibawa ke Amerika Serikat  pada tahun 1873 di Long Island, New York. Lama kelamaan itik inipun dikenal dengan sebutan itik Long Island.

Di Amerika, itik ini dikawin-silangkan dengan itik aylesbury untuk menghasilkan itik pedaging yang lebih unggul. Hasil perkawinan silang ini dikenal dengan nama itik Peking Amerika. Daging itik peking yang identik dengan kuliner China sangat diminati pasar Amerika. Hal ini terbukti, di mana sekitar 95% konsumsi daging itik di Amerika berasal dari itik peking. Keragaan itik peking ; Asal : China, Jenis : Itik pedaging, Bobot : 3.6 – 4.1 kg/ekor, Produksi : 110-130 butir/tahun.

Di Indonesia, itik ini banyak disilangkan dengan jenis itik khaki campbell, mojosari dan jenis itik lainnya. Salah satu jenis itik hasil silangan itik peking dan itik mojosari putih adalah itik PMp.

Adapun tahapan pemeliharaan itik peking adalah seperti berikut :

1. Tahapan Pemeliharaan Pembibitan

  • Pemeliharaan Anak Itik (masa starter)
    • Pada pemeliharaan periode ini, itik dipelihara di dalam kandang box selama 2 minggu yaitu pada umur 1 hari hingga umur 14 hari. Selanjutnya pada umur 15 hari hingga umur 60 hari anak itik dapat dipindahkan ke kandang postal dengan kapasitas kandang 10 -15 ekor/m2.
  • Pemeliharaan Masa Pertumbuhan (periode grower)
    • Yang dimaksud periode grower adalah itik berumur 61 hari hingga umur 150 hari dan ditempatkan di dalam kandang postal dengan kapasitas kandang 6-8 ekor/m2. Tujuan pemeliharaan ini adalah untuk menghasilkan itik peking sebagai parent stock/penghasil benih/bibit unggul, baik pejantan maupun betina.
  • Pemeliharaan Induk Petelur (periode layer)
    • Itik peking yang berumur 5 bulan atau lebih, baik jantan maupun betina dikategorikan sebagai itik layer. Pada umur 5.5 bulan itik peking akan mulai belajar betelur dan secara normal induk peking akan betelur pada umur 6 bulan.
    • Induk itik, baik jantan maupun itik betina ditempatkan di kandang khusus yaitu kandang itik dewasa yang dilengkapi dengan tempat betelur serta halaman  bermain yang dilengkapi dengan kolam/saluran air (kandang ren).

2. Tahap Pemeliharaan Penggemukan

Untuk pemeliharaan itik peking dengan tujuan penggemukan, sistem pemeliharaan berbeda dengan sistem pemeliharaan pembibitan. Di mana pada pemeliharaan penggemukan, itik dipelihara dalam satu periode pemeliharaan yaitu dari itik berumur 1 hari hingga sampai itik siap di jual. Dengan pemberian pakan serta sistem pemeliharaan yang baik, bobot badan itik peking dapat mencapai sekitar 3.3 kg dalam kurun waktu pemeliharaan selama 55-60 hari.

3. Model Kandang Pemeliharaan

Adapun model perkandangan untuk pemeliharaan itik peking, baik untuk budidaya pembibitan maupun budidaya penggemukan dapat disesuaikan dengan lokasi pemeliharaan, sistem maupun kemampuan peternak dengan memperhatikan biaya investasi serta tujuan pemeliharaan.

a. Kandang batere dengan ukuran 45 x 45 x 35 cm/ekor
b. Kandang Postal
c. Kandang ren

Sumber : Ir. H. Idih Punama Alam

Demikian gambaran potensi dan peluang usaha budidaya itik peking sebagai itik penghasil daging yang relatif singkat, mudah dan dapat dimanfaatkan, dikembangkan serta dapat dilakukan oleh masyarakat peternak di daerah pedesaan.

Semoga bermanfaat !

21/04/2011 - Posted by | Itik Pedaging, Ternak Itik | , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: