TERNAK ITIK INTENSIF

Kelompok Belajar | Share Beternak Itik

Bantuan 4400 Itik MA-2000 di Mitra

Bantuan 4400 ekor Itik  MA-2000 ke Minahasa Tenggara

Written by Denny Mintianto
Friday, 03 Desember 2010
Mitra, Minahasa Tenggara

Pemerintah Pusat bantu Distarnak Kabutpaten Minahasa Tenggara dengan jenis itik parent stok MA-2000

RATAHAN, SWARA MANADONEWS.COM. Pemerintah pusat kembali memberikan sedikitnya 4400 Itik unggul, bagi Dinas Pertanian dan Peternakan (Distarnak) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). Bantuan ini berasal dari Dana Tugas Pembantuan (DTP) APBN. “Jadi untuk pengadaan parent stok bibit itik unggul sebanyak 4000 ekor betina dan 400 ekor jantan atau 10 : 1,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Mitra, Ir BA Tinungki MEng kemarin di kompleks perkantoran SKPD Blok C Kelurahan Pasan, Ratahan.

Diperkirakan kata mantan Kepala Badan Penyuluh Pertanian, Perkebunan, Perikanan dan Kelautan (BP4K) Mitra ini, tingkat keberhasilan yang diterapkan ini mencapai 90 persen. Artinya pola seperti ini dianggap berhasil karena hanya 10 persen saja yang dianggap gagal. “Ya untuk bibit unggul ini akan didatangkan dari Kalimantan. Jadi untuk betina jenisnya Alabio dan Jantan Mojosari,” tuturnya.

Ditambahkannya, memang program pemerintah untuk memberikan bantuan di Mitra karena melihat tingkat permintaan dan konsumen itik ini sangat tinggi di daerah ini. “Apalagi tingkat konsumsi daging itik sudah semakin digemari di Sulut akhir-akhir ini,” tukas mantan Kepala BPLH Mitra.

Pemerintah Pusat kata Tinungki, dalam hal ini Dirjen Peternakan berharap Mitra ke depan akan menjadi sumber bibit itik unggul (itik raja dan ratu) untuk Provinsi Sulut. “Saat ini baru di Mitra dan Minahasa yang diberikan kepercayaan oleh pemerintah pusat untuk menghasilkan bibit unggul ratu dan raja,” pungkas mantan Kadis Perikanan dan Kelautan Mitra ini. (fie)

11/06/2011 - Posted by | Beternak Itik, Pembibitan Itik | ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: