TERNAK ITIK INTENSIF

Kelompok Belajar | Share Beternak Itik

Bebek Mandarin – Aix galericulata

Bebek Mandarin atau bebek China  termasuk dalam genus Aix (Aix galericulata), jenis jantan bebek ini memilik penampilan yang sangat menarik dan memiliki kaitan yang erat dengan bebek kayu (wood duck) America Utara. Sebutan bebek jantan yang paling cantik merupakan penghargaan yang pantas diberikan pada ke dua genus aix ini.

Tubuh bebek jantan ini, mulai dari kepala hingga bulu ekornya memiliki penampilan warna yang elok dan menarik dengan perpaduan warna yang bervariasi antara coklat putih dan abu-abu atau cokelat kehijauan sedangkan bebek perempuan terlihat biasa.

Foto oleh Tristram, Bird

Unggas elok ini berasal dari negeri China tetapi kini dapat dijumpai di Jepang, Taiwan, sebelah tenggara Rusia, sebelah barat Inggris dan Siberia. Negara-negara di belahan dunia barat mengenalnya lewat burung-burung yang di bawa ke kebun binatang atau induk yang diimport untuk dipelihara.Bentuk tubuh mandarin duck berukuran sedang dengan bobot badan antara 0.5 – 0.7 kg/ekor. Di negeri asalnya, bebek ini disebut sebagai Yuan-yangan. Bebek ini juga melambangkan kebahagiaan dan kesetiaan.

Foto oleh Brian, Album: Wildfowl, Divers and Grebes

Foto oleh Zach Du, Album : Mandarin Duck

Foto oleh Colin, Album Web Picasa

Foto oleh Raul Marcelo, Album Birds

Di alam liar, bebek ini berkembang biak di daerah-daerah padat berhutan rawa serta di dekat danau dan kolam air. Mereka bersarang di rongga-rongga dahan pohon dengan dengan sumber air dan pada musin dingin bebek permpuan meletakan telurnya di dalam rongga pohon setelah kawin.

Betapa beragamnya spesies itik di dunia ini, termasuk ke dua spesies aix yang sangat mengagumkan, semoga artikel ini dapat memberikan tambahan pengetahuan tentang dunia itik baik itik domestik maupun itik liar. Salam

Artikel lainnya :

Link terkait :  Dunia itik

04/07/2011 - Posted by | Itik Hias, Ternak Itik | , ,

2 Komentar »

  1. bisa dpt bi2ty dmn ni….???

    Komentar oleh adi_dudi@yahoo.com | 16/07/2011 | Balas

    • Untuk mendapatkan benih atau telur tetas, silahkan kunjungi ebay atau amazon, toko online yang menyediakan benih Mandarin duck. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

      Komentar oleh admin | 19/07/2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: