TERNAK ITIK INTENSIF

Kelompok Belajar | Share Beternak Itik

DOD

Yang dimaksud dengan periode starter yaitu itik yang berumur 1 hari yang dikenal dengan sebutan DOD (day old duck) hingga itik umur 2 bulan. Pemeliharaan anak itik selama periode strarter meliputi beberapa aspek seperti yang akan dibahas di bawah ini.

a. Kebutuhan Ruang

Selain ditentukan oleh jenis itik yang akan dipelihara, kebutuhan ruang untuk anak itik juga ditentukan oleh cara pemeliharaan itik jantan dan betina serta tujuan pemeliharaaan itik, apakah akan dibudidayakan sebagai itik penghasil telur atau sebagai itik pedaging.  Kepadatan populasi di dalam kandang dapat mempengaruhi pertumbuhan itik. Di mana keadaan kandang yang terlalu sempit dapat mengakibatkan peningkatkan akumulasi zat karbon dioksida serta penurunan kadar oksigen di dalam kandang yang dapat menyebabkan pertumbuhan yang lambat serta itik rentan terhadap penyakit hingga dapat mengakibatkan kematian pada anak itik.

Apabila pemeliharan  itik umur 1 – 21 hari dilakukan di kandang pembesaran, maka cara mengatur kepadatan populasi dilakukan dengann cara luas kandang diperlebar dengan menggeser pagar penyekat sedemikian rupa sehingga luas kandang yang dimaksud sesuai dengan  umur maupun jumlahnya. Apabila anak itik dipelihara di dalam kandang box, dilakukan dengan cara memindahakan sebagian itik ke dalam kandang box lainnya sehingga jumlah anak itik sesuai dengan luas kandang box yang ada.

Kepadatan populasi ternak berdasarkan umur itik adalah sebagai berikut :

Umur itik (mgg)                               kepadatan populasi

0 – 1                                               20 ekor/m2

1 – 2                                                18 ekor/m2

2 – 4                                                15 ekor/m2

4 – 5                                                13 ekor/m2

5 – 6                                                10 ekor/m2

6 – 7                                                  8 ekor/m2

7 – 8                                                  6 ekor/m2

b. Induk Buatan

Induk buatan sangat dibutuhkan itik pada periode starter, anak itik membutuhkan suhu ruang antara 35°C pada umur 1 minggu dan berangsur-angsur diturunkan hingga 18°C pada umur 4 minggu. Adapun sumber panas untuk menghangati anak itik dapat mengggunakan gasolek, lampu pijar ataupun lampu minyak yang dapat diletakan di atas induk buatan dengan ketinggian sekitar 45cm dari lantai. Sebelum anak itik dimasukan ke dalam induk buatan, sebaiknya pemanas buatan sudah terlebih dahulu dinyalakan mininmal 24 hari sebelummnya.

c. Minuman dan Tempatnya

Itik membutuhkan air minum yang lebih dibandingkan dengan unggas lainnya. Untuk itu air minum diberikan dengan tidak terbatas maksudnya agar ketersedian air minum untuk itik selalu tercukupi. Apabila itik kekurangan air minum dapat menyebabkan pertumbuhan itik menjadi lambat. Tempat air minum itik sebaiknya menggunakan tempat minuman buatan pabrik yang berbentuk gallon ataupun tempat minuman yang berbentuk memanjang. Adapun ukuran tempat minuman itik tergantung dari jumlah anak itik yang dipelihara, untuk 100 ekor anak itik dibutuhkan 3 hingga 4 buah tempat minuman berbentuk gallon tenteng 3,81 atau 2 buah pipa paralon masing-masing sepanjang 3 meter. Untuk menghidari itik dari berbagai penyakit, sebaiknya tempat minuman dibersihkan dan dicuci setiap hari dengan menggunakan deterjen ataupun desinfektan dengan dosis sesuai yang dianjurkan oleh pabrik pembuatnya.

Transportasi dari tempat asal DOD ke tempat peternakan seringkali mengakibatkan anak itik mengalami stres. Untuk mengatasi masalah tersebut maka setelah anak itik dimasukan ke kandang (induk buatan), anak itik diberikan air minum yang dicampur dengan gula (50g gula/1 liter air) serta vitamin dan antibiotik pada hari pertama. Selanjutnya vitamin dan antibiotik dapat diberikan sampai anak itik berumur 3 hari. Pemberian pakan untuk anak itik dapat dilakukan setelah anak itik meminum campuran gula,vitamin, antibiotik dan air. Biasanya pakan diberikan setelah 3 jam kemudian.

d. Pakan dan Tempatnya

Pada periode starter anak itik harus mendapatkan pakan yang baik dimana kebutuhan pakan dengan kandungan protein kasar sebanyak 20% dan ME (energi metabolisme) 3000kkal/kg. Disamping kebuthan protein dan energi metabolisme, pakan itik pada periode starter juga harus memenuhi zat-zat lain yang akan dijelaskan pada halaman PAKAN. Adapun alternatif tempat pakan untuk setiap 100 ekor anak itik antara lain berupa  empat buah tempat pakan berbentuk piringan bulat dengan garis tengah sekitar 30 cm, tiga buah tempat pakan dengan garis tengah sekitar 40 cm atau dapat digunakan tempat pakan memanjang dengan ukuran 5 cm per ekor.

Pakan untuk itik periode starter dapat dibeli di toko pakan ternak. Dari berbagai produk pakan ternak termasuk pakan itik periode starter agar memperhatikan kadar protein, energi metobolisme serta zat-zat lainnya agar sesuai dengan kebutuhan anak itik. Alternatif pakan dapat anda pelajari pada halaman PAKAN yang akan menjelaskan secara rinci tentang pakan itik baik kebutuhan akan zat gizi, bahan baku pakan buatan, cara pembuatan pakan altenatif dan lain sebagainya.

e. Kontrol Berat Badan

Untuk memperoleh bibit itik yang baik, peternak juga harus memperhatikan bobot berat badan itik. Untuk mengkontrol berat badan itik dapat dilakukan pada itik umur 4 minggu, selanjutnya kontrol berat badan dapat dilakukan setiap minggu di mana itik tidak diberi makan. Penimbangan dilakukan secara acak dengan jumlah kurang lebih 10% dari total populasi.  Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kerangka badan itik dapat terbentuk dengan baik sehingga diharapkan dapat memberikan produksi yang lebih baik, terutama bersarnya telur pada saat periode layer (masa bertelur) nanti. Agar berat badan itik seragam, perlu disediakan pakan, minuman, ruang yang cukup dan program seleksi.

f. Seleksi

Pada periode starter perlu dilakukan seleksi, itik yang lemah dapat dibuang dan secepatnya dilakukan pengelompokan itik berdasarkan berat badannya dengan kategori itik kecil, itik sedang dan itik besar. Itik yang kecil perlu diberi makanan extra. Maksud dari pengelompokan ini agar kemampuan itik untuk berebut pakan sama. Selain itu juga akan memudahkan penghitngan jumlah pakan yang harus diberikan sesuai dengan pengelompokan itu.

g. Pencegahan Penyakit

Penanganan itik pada periode starter harus dilakukan dengan seksama. Pada minggu pertama pemeliharaan anak itik merupakan masa kritis oleh sebab itu perhatian yang lebih harus diberikan kepada anak itik. Untuk itu perlu dilakukan pengecekan setiap jam dan memastikan anak itik dalam keadaan yang baik. Selain itu ketersediaan air minum, pakan, keadaan kandang (induk buatan), apakah pemanas  berfungsi dengan baik, penerangan kandang serta kebersihan tempat makan dan minum itik. Pencegahan penyakit dilakukan dengan cara memberikan vaksinasi yang tepat sesuai dengan kondisi lingkungan tempat itik dipelihara.

56 Komentar »

  1. makanan untuk anak iti dari 0 hari sampai 3 minggu

    Komentar oleh tresno | 06/05/2011 | Balas

    • Pemberian Pakan 0 – 3 minggu :
      umur 0-1mgg=100g/mgg/ekor, umur 1-2mgg=200g/mgg/ekor dan umur 2-3mgg=300g/mgg/ekor serta umur 3-4 mgg=400g/mgg/ekor. semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

      Komentar oleh admin | 07/05/2011 | Balas

  2. gamana Cra mNingkatkan produksi teLUR pd itik entok
    itik-itik saya pada ga’ mau bertelur.,.,
    – da ga’ solusinya…………….

    Komentar oleh pak breng | 23/02/2012 | Balas

    • Cara untuk meningkatkan produksi telur itik sangatlah sederhana yaitu dengan pemberian pakan yang baik dan memenuhi gisi sesuai dengan umur ternak. Adapun cara pemberian pakan yang baik dapat saudara lihat pada artikel pakan pada blog ini, semoga bermanfaat.

      Komentar oleh admin | 23/02/2012 | Balas

    • Mngkin bisa om cri tmpat yg lbih luas dri sblum.y.. klow bisa lepas d area rawa atau sawah biar ngak terlalu stres .. heheh ..

      Komentar oleh didink pokeh | 30/04/2016 | Balas

  3. itik saya mati sebanyak 68 ekor daripada 1000 ekor pada hari pertama.saya telah memberi air dicampur gula jawa semasa mula2 sampai.Apakah obatan untuk mengawal kematian anak itik?

    Komentar oleh mat | 30/03/2012 | Balas

    • Untuk itik yang baru di tempatkan di kandang atau daerah yang baru, diusahakan agar suasana kandang terasa nyaman untuk menghindari itik dari pengaruh stress akibat perjalanan jauh atau tempat baru. Sebaiknya itik yang baru tiba jangan dulu diberi makanan tetapi diberi air yang dicampur gula.

      Komentar oleh admin | 31/03/2012 | Balas

  4. Bagi temen2 pengusaha itik yang membutuhkan Supleman Itik . Hasil Riset Lembaga Pengkajian Ilmiah (LPI BINA BANGSA). Berupa MIRA-VIT. Untuk meningkatkan pertumbuhan itik terutama campuran pakan alternatif pada tahap penggemukan. Info lanjut Hub. Arif W . HP : 081 330 448 135.

    Komentar oleh Arif Wibowo | 09/04/2012 | Balas

  5. artikel yg bermanfaat…… bagi2 temen tolong bagi2 info untuk DOD daerah brebes jateng bisa di dpatkan dimn?

    Komentar oleh samsu | 18/05/2012 | Balas

    • Untuk info DOD, saudara dapat menghubuingi kantor Dinas Pertanian dan Peternakan setempat atau di toko unggas di kota saudara.

      Komentar oleh admin | 20/05/2012 | Balas

  6. untuk kandang box membutuhkan lampu berapa watt untuk 100ekor DOD?

    terimakasih

    Komentar oleh fikri | 20/06/2012 | Balas

    • Pemberian lampu pada kandang box untuk DOD digunakan sebagai sumber panas dan juga penerangan. Untuk kandang box dengan kapasitas 100 ekor DOD dapat digunakan bola lampu 40 – 60 watt yang digantung setinggi 40 cm dari alas kandang.

      Komentar oleh admin | 20/06/2012 | Balas

      • Apa pemanas harus dinyalakan 24 jam ?

        Komentar oleh fikri | 25/06/2012

      • Apa pemanas harus dinyalakan 24 jam..? Apa hanya pada waktu malam saja?
        Terimakasih

        Komentar oleh fikri | 25/06/2012

      • Pemanas dapat dipasang jika temperatur dalam kandang tidak memenuhi persyaratan, dan hal ini dapat dilihat dengan alat pengukur suhu atau termometer.

        Komentar oleh admin | 26/06/2012

  7. Bpk yth,berpa ukurn box untuk itik 100ekor?bahannya terbuat dari apa,obat2 vitamin dari pabrik baiknya sampai umur berapa diberikan ke d.0.d itik?terimakasih

    Komentar oleh Edi | 23/06/2012 | Balas

  8. kalau jual daging itik peking ada agennya g, soalnya saya sekarang lg pelhara itk peking 085724863188

    Komentar oleh kristian | 24/06/2012 | Balas

  9. Kebutuhan per hari Per ekornya untuk itik petelur umur dua bulan hingga empat bulan

    Komentar oleh Meliana | 05/07/2012 | Balas

  10. Saya dari kota Banjaran Jawa Barat. Kalau perbandingan pakan untuk itik petelur idealnya berapa? Pakan yang saya pakai dedak, aron (nasi yang dikeringkan) dan konsentrat telur

    Komentar oleh Aldy | 06/07/2012 | Balas

  11. gan,gimana cra vaksinasi ke bebek??

    Komentar oleh kamal | 06/07/2012 | Balas

    • Pada umumnya itik merupakan salah satu ternak unggas yang tahan terhadap penyakit, tetapi untuk mencegah penyakit pada itik dapat dilakukan dengan vaksinasi, adapun cara vaksinasi pada itik dapat dilihat pada artikel disini.

      Komentar oleh admin | 09/07/2012 | Balas

  12. sya reza pare,kediri. knpa angka kematian DOD saya di umur 4-7 itu bnyak? mksh

    Komentar oleh reza | 29/07/2012 | Balas

    • Anda beli dod dari mana? Tolong infonya ya mas Reza

      Komentar oleh Alvin | 29/04/2015 | Balas

  13. saya sudah memelihara itik yang sudah bertelur, dan saya ingin menambah lagi.bagaimana caranya agar nantinya itik saya yang bertelur tidak stres ?
    .thanks..

    Komentar oleh SUSILO | 12/09/2012 | Balas

  14. mohon arahan sy memiliki alat Penetas telor bagaimana mengetahui telor yg baik buat ditetas

    Komentar oleh akim sanjaya | 19/11/2012 | Balas

    • Telur yang baik untuk penetasan yaitu telur yang dibuahi artinya dalam setiap 8 ekor itik betina terdapat 1 ekor jantan (1:8)

      Komentar oleh admin | 20/11/2012 | Balas

  15. Saya andra dari KERINCI jambi. Saya pengusaha itik potong afkir dan DOD (anak itik ).
    jika ada yang berminat hubungi saya.

    Komentar oleh andra | 12/01/2013 | Balas

  16. […] bahan.  Ukuran kandang dapat disesuikan dengan kondisi  dan bahan setempat dengan memperhatikan kepadatan ruang kandang dan jumlah itik yang […]

    Ping balik oleh Ternak Bebek Potong » Kandang | 19/02/2013 | Balas

  17. […] pemilihan bibit itik daging yang baik  terbagi dalam dua kategori antara lain […]

    Ping balik oleh Ternak Bebek Potong » Cara Menternak Itik | 19/02/2013 | Balas

  18. Salam kenal,,,
    saya pria brumur 26thn. Dulu waktu masih SMP pernah saya memelihara itik hasil penetasan dari induk ayam. Alahasil semua anak itik ini tidak ada yang mati & bertelur cukup lama. Kemudian setelah SMA, saya kembangkan dengan membuat mesin tetas sendiri & menetaskan lebih kurang 186 butir telor itik dari 200 butir. Saya sudah lama berminat berternak itik ini. Tapi kendalnya selalu sama. Yaitu, anak itik (DOD) yang saya pelihara selalu gagal (mati) menjelang umur 1 bulan. Mengenai pakannya, saya sudah iikiti instruksi dari penyuluhan peternakan unggas, tapi hasilnya tetap sama. Apa perlu saya buatkan kandang isolasi utk masing-masing DOD itik Tersebut? Mohon penjelasannya.

    Komentar oleh Amrido | 16/03/2013 | Balas

    • Terima kasih atas kunjungannya. Bila anak itik umur di bawah satu bulan banyak yang mati, penyebabnya adalam suhu atau temperatur dalam kandang (box) terlalu dingin sehingga anak itik akan bergerombol dan menyebabkan kematian akibat saling tindih. Untuk itu dalam pembuatan kandang box harus memperhatikan luas serta temperatur agar sesuai kebutuhan. Sebaiknya saudara juga menyiapkan kandang isolasi bagi anak itik yang lemah. Semoga membantu.

      Komentar oleh admin | 17/03/2013 | Balas

      • apabila itik banyak yang mati itu mungkin karena kedinginan/ temperatur suhu tinggi, tubuh dod basah, dan lantai yang kotor o;lehkarena itu perlu di lekukan manajemen yang baik sesuai hal tersebut

        Komentar oleh avian | 07/01/2014

  19. Salam,,
    mohon instruksinya, untuk luas kandang tertentu berapa pula jumlah DOD itiknya yang pantas? Kemudian, untuk kandang box, suhunya berapa? Karena, saya sudah atur suhunya suhu kamar pada siang hari. Kmudian, pada waktu sore hari, saya atur temperatur kandangnya sesuai suhu tubuh ayam hingga jam 10 pagi. Tapi tetap saja anak itik yg saya pelihara mati sebelum umur 1 bln. Mohon penjelasannya.

    Komentar oleh Amrido | 20/03/2013 | Balas

  20. Gimana cara ngasih pakan pada saam dod,
    trimz

    Komentar oleh Rama | 02/05/2013 | Balas

    • Terima kasih atas kunjungannya, untuk info yang lebih jelas silahkan lihat pada artikel yang berjudul “Jumlah pemberian pakan itik”.

      Komentar oleh admin | 02/05/2013 | Balas

  21. Ass….bp,yang terhormat,,,saya lagi belajar ternak bebek pedaging,tapi DOD dari hari ke 1 s/d hari ke 4,DOD slalu ada yang mati,padahal suhu kandang udah teratur,pakan sama air minum cukup,kandang d’sekat tiga ruangan,jumlah DOD 25o ekor.Tim’s,mohon penjelasan nya??

    Komentar oleh Fitri Sulastri | 13/06/2013 | Balas

    • Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kematian anak itik antara lain suhu optimal ruang, luas kandang box serta sumber bibit berasal. Coba sdr perhatikan kembali suhu ruang kandang box.

      Komentar oleh admin | 13/06/2013 | Balas

  22. bagaimana cara pemberian air pada DOD usia dari 3hari s/d 1minggu..?

    Komentar oleh Fitri Sulastri | 13/06/2013 | Balas

    • Air minum sebaiknya di berikan secara terus-menerus dan di berikan di tempat air minum yang dapat di beli di toko pakan ternak.

      Komentar oleh admin | 13/06/2013 | Balas

  23. Terima kasih ayas solusinya ya pak

    Komentar oleh davied | 08/09/2013 | Balas

  24. bagaimana cara mengestimasi umur ternak itik yang dipelihara secara non intensif

    Komentar oleh Sri Puji Asweti | 18/09/2013 | Balas

  25. trims ats smua infox

    Komentar oleh yulhaidir | 06/10/2013 | Balas

    • Terima kasih atas kunjungan saudara.

      Komentar oleh admin | 06/10/2013 | Balas

  26. saya pny kelompak penetasan telur bebek ,apakah bpk bisa membeli dr kelompok saya?

    Komentar oleh harda | 23/11/2013 | Balas

  27. saya ingin bertanya,berapa berat rata2 ternak entok umur 1 hari dan 1 minggu?mohon kerja samanya!

    Komentar oleh Evan Ardiles Berutu | 17/01/2014 | Balas

  28. pengen memelihara itik . . Berapa harga per box nya sekarang .? Dan dimanan tempatnya ?

    Komentar oleh Ammad | 26/03/2014 | Balas

  29. gizi sudah terpebuhi, kapsitaskandang sudah ideal. produksi malah turun apa penyebabnya?

    Komentar oleh ahmad | 19/05/2014 | Balas

  30. No tlp nya pak tlg…saya mau beli bebek

    Komentar oleh fajri | 31/05/2015 | Balas

    • Maaf, untuk saat ini kami tidak menjual itik, coba saudara ke sentral ternak. com dan terima kasih atas kunjungannya.

      Komentar oleh admin | 02/06/2015 | Balas

  31. salam kenal.saya peternak itik pemula.gimana cara mengatasi penyakit pilek dan bengkak pada sinus tanpa perlakuan injeksi.untuk diketahui umur dod saya s/d saat ini adalah 20 hari.trims atas sarannya.

    Komentar oleh bardani | 08/08/2015 | Balas

  32. kenapa ea dod yank umur xa di bwah 15 hari kok banyak yank mti padhal saya sudah bersih khan dan di kasih kapur kandang..pakan dan minum xa gc pernah telat..kok msih banyak yank mati..gmna mengatasi xa end pa ad ramuan herbal untk meminim kematian pada dod..tri makacih..

    by aden artha

    Komentar oleh aden artha | 05/02/2016 | Balas

  33. Ass….slamat mlam ? bagaimana cara menetaskan telur DOD ?

    Komentar oleh Winda | 02/04/2016 | Balas

  34. Pak cara menghitung populasi Bebek gimana saya punya Kandang lebar 4m panjang 15m terus Carla hitungnya gimana pak

    Komentar oleh Saifuddin | 15/04/2016 | Balas

  35. assalamu alaikum pak, salam sukses semua, maaf pak…yg sy mau tanyakan, untuk pemeliharaan ternak bebek bali, kira2 umur panen nya berapa hari, untuk ternak bebek pedaging. makasih pak..salam sukses. wsslm

    Komentar oleh andi yusuf adam | 01/09/2016 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: