TERNAK ITIK INTENSIF

Kelompok Belajar | Share Beternak Itik

Itik Muscovy

Kisar Bebek hasil persilangan antara Muscovy dan Itik Alabio sebagai potensi Bebek Breeds Daging dengan Harga Jual Tinggi. Peternakan Kisar Bebek di Barito Kuala – Kalimantan Selatan.

Mengenal Itik Muscovy

Muscovy merupakan spesies asli di Amerikan Tengah dan Amerikan Selatan. Itik ini tidak termasuk Anas (bebek), melainkan masuk genus Cairina. Tubuhnya yang gempal membuatnya banyak dibudiadayakan sebagai itik pedaging seperti di China, Perancis dan Taiwan. Bahkan itik mule yang merupakan silangan dari itik muscovy kini banyak diternak.

Di Perancis, jenis itik yang diproduksi untuk pedaging mayoritas adalah itik muscovy, Itik mule dan sebagian kecil itik perking.

Produksi Itik di Perancis lebih ditekankan pada itik potong yang diambil daging maupun hatinya untuk fole gros yang salah satu tentunya mamakai itik mule steril. Serupa dengan Perancis, produksi itik di taiwan ditekankan pada itik mule dan muscovy serta sebagian kecil itik perking. Itik mule di Taiwan diperoleh dari silangan itik peking dan itik tsaiya, lalu hasilnya disilangkan dengan itik muscovy.

 

Itik Muscovy  di Indonesia

Selain itik Alabio, di daerah Barito Kuala – Kalimantan Selatan banyak juga peternak yang memelihara itik moscovy yang diyakini berasal dari  Amerika Selatan. Pada awal tahun 2004, kelompok ternak di Barito Kuala mulai melakukan persilangan antara kedua jenis itik ini. Pekawinan silang dilakukan dengan cara alami dengan menggunakan itik alabio sebagai penjantan dan itik betina muscovy. Selanjutnya oleh peternak di Barito Kuala itik hasil persilangan ini disebut dengan Itik Kisar atau Tiktok bebek  (Gambar 5).

Adapun beberapa kelebihan bebek Kisar dibandingkan dengan bebek yang lain adalah seperti berikut :

  1. Kisar bebek memiliki harga jual yang tinggi.
  2. Ukuran bebek Kisar lebih besar dari itik Alabio dan itik Muscovy
  3. Bebek Kisar tahan terhadap bebagai penyakit
  4. Produksi daging yang berkualitas baik

sumber http://www.deptan.co.id

 

Semoga bermanfaat.

 

Artikel yang berhubungan :

 

02/04/2011 - Posted by | Itik Pedaging, Ternak Itik | , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan komentar