TERNAK ITIK INTENSIF

Kelompok Belajar | Share Beternak Itik

PANDUAN PRAKTIS BETERNAK ITIK

Balai Penelitian Ternak (Balitnak) Ciawi Bogor berhasil mengembangkan Itik Hibrida atau MA-2000 yang memiliki kemampuan berproduksi (betelur) tinggi. Adapun rata-rata produksi pertahun adalah 260 butir/ekor (75%). Itik MA-2000 betina oleh para Peternak Itik dijuluki sebagai Itik Ratu. Itik MA-2000 adalah hasil persilangan antara Itik Mojosari jantan dan Itik Alabio betina. Produktifitas itik MA seragam dan pada minggu ke-16 produksinya mencapai 93% (puncak produksi). Selain itu itik MA mulai betelur pada umur 4,5 bulan lebih cepat dari itik lokal lainnya. Demikian sekilas tentang itik unggul lokal (MA-2000) yang dapat membantu para peternak itik untuk meningkatkan usaha peternakannya.

Dan pada kesempatan ini saya akan berbagi dengan pengunjung blog ini, bagaimana cara beternak itik baik secara tradisional (digembalakan) maupun secara intensif (terkurung)

1. Pemeliharaan Itik dengan Sistem Sederhana

Untuk anak itik umur 1 hari s/d 2 minggu, kandang dibuat berbentuk kotak dengan menggunakan lampu listrik sebagai sumber panas. Untuk itik dara (remaja) dan itik petelur (induk), kandang dibuat setinggi 50cm, kandang dapat dipindah-pindahkan. Lantai kandang dialasi jerami dan sebagai atapnya dapat menggunakan terpal, jerami atau bahan lainnya agar itik terhindar dari hujan. Adapun sumber utama makanan, diperoleh dari sisa-sisa panen padi di daerah persawahan, irigasi dan rawa-rawa. Itik yang dipelihara dengan sistem ini, produksi telurnya bergantung pada musim panen. Bila musim panen padi, persedian makanan cukup melimpah dengan demikian produksi telur akan meningkat pula. Biasanya para peternak memberikan makanan tambahan berupa dedak, bekicot, sisa-sisa dari tempat pemotongan hewan, sisa-sisa makanan dan lain sebagainya apabila sumber makanan utama tidak tersedia.

2. Pemeliharaan Sistem Intensif
Pemeliharaan itik dengan cara intensif, tujuannya adalah untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam pemeliharaan intensif, itik dipelihara secara terkurung dengan menerapkan sistem pemberian pakan yang bermutu, bibit unggul, serta tatalaksana pemeliharaan yang baik.

Dalam sistem pemeliharaan ini dibagi dalam 3 phase :

a. Starter, yaitu itik berumur 0 – 2 bulan.
b. Grower, itik dara umur 2 – 6 bulan
c. Layer, umur 6 (enam) bulan sampai umur 3 tahun (masa afkir)

Periode Starter
Anak itik umur 1 hari hingga umur 2 bulan, diberikan pakan jadi dengan kadar protein 20% serta kalori antara 2700 – 3000kkal.
Pakan jadi untuk anak itik berupa konsentrat yang dapat dibeli di toko pakan ternak. Selain konsentrat anak itik dapat juga diberikan pakan buatan seperti, jagung, bungkil kelapa, tepung ikan, kedelai, dedak halus, masing-masing 2kg dan 1kg kacang hijau, ditumbuk menjadi tepung halus. Pakan diberikan 3 kali sehari hal ini dimaksudkan agar pakan tidak terbuang dan tidak basi. Anak itik ditempatkan di dalam kandang yang dilengkapi dengan induk buatan berbentuk kotak serta dilengkapi dengan pemanas buatan. Sumber panas ini dimaksukan agar itik tidak berdesak-desakan. Bila keadaan kandang yang terlalu dingin dapat mengakibatkan kematian itik. Pemanas buatan menggunakan lampu pijar. Untuk 100 ekor anak itik, dapat menggunakan lampu 60w – 75w yang digantung setinggi 40cm dari atas lantai. Induk buatan memerlukan suhu 35°C pada minggu pertama dan dapat dikurangi setiap minggu sampai 18°C.

Periode Grower
Pemeliharaan masa grower adalah itik yang berumur 2 sampai 6 bulan. Pemberian makanan pada periode ini hampir sama dengan pemberian pakan itik pada masa starter hanya saja pada siang hari, itik dapat diberikan makanan berupa sayur-sayuran seperti kangkung, enceng gondok, bayam dan lain lain. Pada masa ini pemberian pakan dibatasi, agar itik tidak cepat betelur. Bila itik betelur pada usia muda, produksi telurnya kecil-kecil. Tempat pemeliharaan itik pada periode ini, itik dapat ditempatkan di kandang berbentuk postal ataupun kandang ren yang dibagi dalam 2 bagian, yaitu tempat bermain dan tempat beristirahat dan dapat pula dibuat kolam. Luas kandang dapat disesuaikan dengan jumlah itik yang dipelihara. Misalnya itik yang akan dipelihara sebanyak 100 ekor dengan kepadatan itik 4 ekor/m2, maka luas kandang adalah 25 m2. Misalkan panjang kandang dibuat 10 meter dan lebar kandang 5m dan lain sebagainya tergantung dengan kondisi yang ada.

Periode layer
Periode layer adalah itik berumur 6 bulan hingga masa afkir (3tahun). Pada umur 5.5 bulan itik mulai belajar bertelur untuk itu kandang itik harus jauh dari keramaian hal ini untuk menghidari agar itik tidak mudah terkejut yang akan mengakibatkan itik tidak mau betelur.

Ransum itik periode layer dapat di buat dari beberapa bahan sebagai berikut :

Bungkil kelapa, jagung kuning, dedak padi masing-masing 4kg, tepung ikan, tepung daging masing masing 2kg dan tepung tulang 1kg serta kapur 3/4kg.
Pemberian pakan pada itik petelur diberikan secara basah yaitu pakan dicampur dengan air di mana itik lebih suka dengan pakan basah daripada pakan berbentuk kering. Pemberian pakan pada itik dapat dilakukan pada pagi hari dan sore hari sedangkan pada siang hari itik diberikan sayur-sayuran dan dapat ditambahkan dengan sisa sisa dapur. Jumlah pakan itik petelur adalah 20kg/100ekor/hari.

Setelah itik betelur selama 6 (enam) bulan, itik akan mengalami masa luruh. Untuk mengatasi masa luruh itik, caranya dengan memberikan pakan yang cukup agar masa luruh cepat berakhir. Inilah kelebihan dari pemeliharaan intensif di mana peternak dapat mengamati secara langsung perkembangan ternaknya baik produksi telur, kesehatan itik, kandang, pakan serta kesejahteraan ternaknya.

 

Semoga bermanfaat!

 

13/09/2010 - Posted by | Beternak Itik, Ternak Itik | , ,

29 Komentar »

  1. assalamu’alaikum wr.wb..
    salam sejahtera buat balitnak ciawi bogor dan peternak2 lainnya..
    saya mau bertanya pak.. waktu itu saya order 100 ekor bebek petelur di balitnak ciawi bogor tepatnya tanggal 23 november 2010, karena saya terburu buru jadi belum sempat banyak bertanya lebih detail .. yang mau saya tanyakan yaitu bisa tidak bebek petelur dikasih makan nasi?kalau bisa sebaiknya dikasih makan nasi sejak umur berapa sampai umur berapa?dan campurannya apa untuk nasi dan persentasenya?apakah berpengaruh terhadap lambat atau cepatnya bebek petelur kalau dikasih makan nasi..terimakasih

    Komentar oleh ang | 28/12/2010 | Balas

    • Ya, nasi (beras) merupakan salah satu ransum yang baik. Sebaiknya nasi diberikan pada itik umur 2 bulan ke atas. Adapun presentase pemberian ransum ini dapat anda lihat di halaman PAKAN. Kandungan energi metabolisme beras adalah 3.100 kkal/kg dan kandungan protein, 7.5%

      Komentar oleh far71 | 03/01/2011 | Balas

  2. Selamat siang, saya mau minta sarannya dong, soalnya saya ada beternak itik waktu itu saya beli dari peternak lokal, katanya umurnya sekitar 3-4 bulanan, sampai sekarang sudah 3,5 bulan sya ternakkan, koq belum bertelur yah?? pakannya saya berikan dedak : konsentrat dengan perbandingan 4: 1, dengan total pakan per ekor 150 gr sehari,tolong dong sarannya… terimkasih sebelumnya…

    Komentar oleh yenny | 15/03/2011 | Balas

    • mbak Yenny, secara umum itik lokal sudah mulai betelur pada umur 6 atau bulan ke-8. Sedangkan masa betelur itik, selain diperngaruhi oleh pemberian pakan juga tergantung dari JENIS ITIK yang dipelihara.
      Cara pemberian pakan yang mbah Yenny berikan sudah memenuhi kebutuhan energi itik ( 2600-3000kkal ) serta kadar protein (16-20%). Di samping itu perlu juga ditambahkan pakan hijauan seperti kangkung dll.

      Komentar oleh far71 | 15/03/2011 | Balas

  3. Mana yg benar nih mas?
    Menurut kebutuhan nutrisi pakan itik petelur pd berbagai umur pemeliharaan dr sumber balai penelitian ternak ciawi, misalkan itik layer umur >20 minggu, pakan per ekor per hari (gr) adalah 160.

    Artinya jml pakan perhari utk 100 ekor itik 16000 = 16 kg. Sedangkan artikel di atas mengatakan 20 kg.

    Ada lagi penelitian dari peternakan (pemerintah & akademisi) pada itik petelur di cirebon, peternaknya memberikan pakan melebihi kebutuhan itik itu sendiri, karna peternak itik di cirebon memberikan 27 kg pakan utk 100 ekor yg artinya 270 gr /ekor/hari. Harusnya (menurut pemerintah & akademisi) itik petelur umur dewasa cukup (max) di berikan pakan sebanyak 150 gram/ekor/hr. Tapi ada yg menyarankan jml pakan utk 100 ekor itik petelur per harinya adalah 10,79 kg, artinya cuma 108 gr/ekor/hari utk itik dewasa?

    Mana yg benar ini mas? Apa yg sedemikian itu sudah mencukupi buat si bebeknya? Tolong di cerahkan. Trimakasih atas penjelasannya?

    Komentar oleh Iwan | 14/04/2011 | Balas

    • Rataan jumlah pemberian pakan adalah 150 gram/ekor/hari untuk induk itik dengan kandungan 17-19% Protein dan 2600 – 2800 kkal.

      Komentar oleh admin | 18/04/2011 | Balas

  4. assalamu’alaikum………..
    untuk tipe itik petelur, pemberian kangkung dalam persentase berapa y…..

    terimakasih

    Komentar oleh sirly | 28/07/2011 | Balas

    • Terima kasih atas kunjungannya.
      Untuk pemberian kangkung pada itik petelur disesuaikan dengan jumlah itik yang dipelihara. Hijauan yaitu berupa kangkung adalah makanan tambahan yang sangat dibutuhkan itik serta murah dan mudah memperolehnya.

      Komentar oleh admin | 29/07/2011 | Balas

      • untuk batas pemberian optimum terhadap itik petelur per ekor,,, saya mahasiswi dari jurusan peternakan di kalimantan. tapi bingung mencari referensi batas pemberian per ekor itik petelur yang diberi campuran pakan kangkung.tolong bantuannya ya

        Komentar oleh sirly | 11/08/2011

  5. Ass…, mau nax pak harga bibit bebek ratu per ekornya brp, minimal orderx brp n carax gimana? saya ada d daerah sumbawa Besar (NTB). thx

    Komentar oleh Reiko Hideaki | 07/08/2011 | Balas

    • Terima kasih atas kunjungannya.
      Harga bibit bebek ratu (DOD) berkisar antara 7000 ribuan per ekor. Tetapi maaf untuk saat ini kami belum membuka order bibit bebek ke luar daerah. Terima kasih

      Komentar oleh admin | 08/08/2011 | Balas

  6. assalamualaikum…….. pak berapakah harga bebek petelur M2000 dan dimana tempatnya

    terimakasih wassalm.,……….

    Komentar oleh alwi | 07/01/2012 | Balas

    • Pakan untuk itik ma 2000 dapat dibeli di toko unggas atau dapat dibuat sendiri asalkan memahami kandungan nutrisi bahan baku dan jumlah kandungan gizi yang dibutuhkan.

      Komentar oleh admin | 13/01/2012 | Balas

  7. maaf mau bertanya berapa lama (jam) proses peneluran untuk satu butir telur terjadi pada itik pak?

    Komentar oleh danang | 27/02/2012 | Balas

  8. ass.. kpan itik MA-2000 bisa dikirim ke daerah pak? saya dari lombok NTB..selain jenis MA-2000 petelur unggul lainnya apa saja? mkasi

    Komentar oleh fahtazani | 01/03/2012 | Balas

  9. Tks.dimana bisa mndapatkn dod ratu&raja/m_2000.brp hrg/ekr n gmna cara mesannya.mhn dibalas via sms

    Komentar oleh Masdar karim | 20/03/2012 | Balas

    • Untuk info DOD MA 2000, dapat diperoleh dari dinas peternakan dan pertanian setempat atau toko unggas di kota anda.

      Komentar oleh admin | 23/03/2012 | Balas

  10. gmn cra mengobati anak bebek yg kepalanya bengkak ya? mksh

    Komentar oleh muhammad mukhlis | 07/11/2012 | Balas

  11. mau tanya,saya pemula dlm pemeliharaan itik,..
    berapa ukuran kandang itk yg siap bertelur,yg jumlahnya 300 ekor ,…thx

    Komentar oleh refly | 07/01/2013 | Balas

  12. lebih bagus mana pemberian pakan dan air secara ad libitum atau dijadwalkan??terimakasih

    Komentar oleh yayan | 26/11/2013 | Balas

  13. Great article.

    Komentar oleh weight loss | 04/04/2014 | Balas

  14. gmna cranya mengobati bebek yg lumpuh sma tetelo?

    Komentar oleh tisya amelia | 23/05/2014 | Balas

  15. Saya mau bertanya kenaapa bebek merlukan protein 17 % sampai 20% ? Kok ndak 50%

    Komentar oleh eko | 16/06/2015 | Balas

  16. bebek saya sdh usia 6,5 bulan tapi tidak bertelur!!!gimana biar bebek saya bisa bertelur?? trims

    Komentar oleh dolok | 16/10/2015 | Balas

  17. saya mau ternak itik pedaging tp msh bingung beli dod nya dmn.dan nanti klo udah panen di jual kmn.lokasi saya di bogor

    Komentar oleh agus | 19/10/2015 | Balas

  18. Assalamu’alaikum. Mf, saya mau nanya kalau mau order itik siap bertelur utk d krim ke SULTRA, bisa gak ?

    Komentar oleh Merana ian kelana | 23/02/2016 | Balas

  19. Kalau pesan itik siap brtelur ke sulawesi bisa gak ?

    Komentar oleh Merana ian kelana | 23/02/2016 | Balas

  20. Mau nanya, apakah bebek petelur yg siap betelur kalo malam hari perlu lampu? atau bebek itu bisa tidur dlm gelap? Makasih.

    Komentar oleh Sri Muryanto | 21/06/2016 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: